Kamis, 04 Februari 2016

Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Usia Dini

pendidikan islam|biMBA AIUEO
Pendidikan islam sangat perlu diberakan kepada anak sejak dini. Agar anak mampu memahami arti dari kehidupan yang dijalani ini tak lain dan tak bukan adalah campur tangan dari Allah SWT kepada seluruh umat dan makhlukNya di alam semesta ini.
Memberikan pendidikan islam pada anak bisa dimulai dari caa yang sederhana yaitu dengan cara mengenalkan sejarah islam pada anak. Selain itu bisa juga dengan mengenalkan cerita Nabi sebagai pengganti dongeng sebelum tidur.
Hal itu tentu dapat menjadi vitamin dengan dosis yang sehat kepada anak dari penerapan pendidikan islam sejak dini. Dengan mengajarkan pendidikan islam maka kita sebagai orang tua telah memberikan informasi yang mereka cari karena biasanya anak kecil cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Untuk itu dengan penanaman pendidikan islam sejak dini maka Anda telah mengisi kesenjangan dalam pengetahuan mereka dengan cara yang sama seperti saat Anda memberikan pendidikan umum seperti tentang politik atau sejarah umum.
Dengan melalui penerapan pendidikan islam sejak dini maka anak Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat diantaranya:
1.     
pendidikan islam|biMBA AIUEO
Pendidikan islam sejak dini jauh lebih melekat
Seperti sebuah peribahasa, “Belajar di saat kecil seperti mengukir diatas batu” Itulah salah satu peribahasa yang bisa dijadikan motivasi para orang tua agar memberikan pendidikan islam sejak dini pada anak. Karena masa kecil adalah masa yang tepat untuk memberikan anak banyak pendidikan karena berbagai alasan.
Diantara alasan itu adalah karena pada saat kecil merupakan masa emas yang berari pada saat itu merupakan usia dimana saat anak diberikan pendidikan maka akan melekat kuat dalam hatinya. Jika sejak dini kita sudah menanakan dan mencontohkan pendidikan agama secara bertahap, maka secar otomatis anak akan sadar bahwa agama sangatlah penting untuk kehidupannya sebagai landasan dalam berperilaku. Hal ini juga pasti akan memberikan pengaruh terhadap pemikirannya sampai ia remaja bahkan hingga dewasa. Jika sedari kecil sudah melihat contoh dari orang tua, maka biasanya anak akan mampu menjaga apa yang telah dicontohkan orang tuanya. Bahkan hal ini bila dibilang sebuah investasi warisan yang bisa diwariskan pada anak cucunya nanti.
Alasan lain diberikannya pendidikan islam sejak dini juga karena saat masih kecil mereka banyak menghabiskan waktu dengan keluarga. Saat masih kecil tentu peran keluarga sangatlah dominan, ha ini juga dapat sekaligus membekali sang anak sebelum nantinya mereka akan bergaul dengan banyak masyarakat. Nah oleh karena itu sebenarnya tidak ada kegagalan pendidikan seorang anak dikarenakan sekolah gagal mendidikm sang anak, karena bagaimanapun juga peran keluarga jauh lebih dominan.
2.      Pendidikan Islam semakin berkembang sejak usia dini
Dengan semakin banyaknya pihak yang telah memahami manfat pendidikan islam bagi anak sejak dini, maka saat ini telah banyak didirikan lembaga pendidikan anak usia dini seperti TK (taman kanak-kanak), ada juga PAUD (pendidikan anak usia dini) yang dimulai saat usia 3-4 tahun.
Dengan hadirnya lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini seperti diatas tentu orang tua akan menjadi lebih terbantu dalam pemberian pendidikan islam yang wajib diajarkan sejak saat kecil. Materi yang dipakai PAUD pun juga tidak jauh dengan materi yang yang akan diajarkan di TK. Tetapi karena sesuai dengan usia maka porsi bermain pada PAUD juga jaug lebih banyak. Orang tua pun juga menjadi elbih terbatu dengan adanya materi di kelas seperi doa-doa pendek sehari-hari dan adanya praktek ibadah.
AKn tetapi bukan berarti lantas orang tua hanya mengandalkan guru di kelas. Pneting juga bagi oarng tua untuk mengulang kembali materi yang telah di ajarkan di kelas saat berada dirumah. Jangan sampai anak justru mengalami kesulitan saat akan prakterk beribadah atau membacakan doa-doa pendek yang telah diterimanya dikelas. Dan yang jauh lebih penting adalah bagaimana orang tua berperan untuk selalu memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik untuk mereka, terutama dalam hal kaitannya melakukan praktek ibadah.

Nah itulah beberapa hal mengenai pentingnya pendidikan islam untuk anak agar diberikan sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar